News Update
Loading...

Senin, 06 Juni 2022

Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram

Instagram menjadi media sosial yang sangat populer saat ini, terbukti dengan banyaknya pengguna Instagram yang terus bertambah setiap harinya. Bahkan, memiliki akun Instagram lebih dari satu menjadi hal yang biasa terjadi saat ini, di mana Akun kedua, ketiga, dan seterusnya seringkali disebut sebagai akun fake.

Penggunaan kata fake akun Instagram bukan tanpa alasan, sebab tidak jarang akun-akun tersebut dipakai secara anonim dan biasanya digunakan untuk stalking orang lain tanpa diketahui oleh akun tersebut. Nah, akun fake ini terkadang membuat banyak orang penasaran dan ingin tahu siapa pemilik asli akun tersebut.

Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram

Namun, akun fake tersebut seakan sengaja dibuat anonim sehingga sulit untuk dilacak siapakah pemilik aslinya. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara mengetahui pemilik akun fake Instagram dengan mudah untuk mengetahui siapakah pemilik dari akun tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai caranya, yuk langsung saja simak ulasan berikut yang telah kami rangkum khusus untuk kamu yang ingin mengetahui pemilik akun fake yang sering membuat kamu penasaran.

Cara Mengenali Ciri-ciri Akun Fake Instagram

Terdapat beberapa ciri yang bisa menandai bahwa akun tersebut merupakan akun fake Instagram. Nah, berikut ini ciri-ciri akun fake Instagram yang wajib kamu tahu.

  • Engagement rate berada di bawah 10%
  • Kolom komentar dipenuhi oleh akun bot
  • Daftar followers mayoritas adalah bot
  • Akun memiliki sedikit followers dan following
  • Akun sering berganti nama pengguna
  • Jarang memakai foto profil
  • Menggunakan foto profil orang lain
Beberapa ciri-ciri di atas merupakan gambaran umum dari akun fake di Instagram, jika kamu menemukan akun yang menyerupai atau berpura-pura menjadi orang lain, maka kamu bisa melaporkan akun tersebut ke Instagram. Untuk langkah melaporkan akun Instagram, kamu bisa mengikuti tulisan yang pernah kubuat dengan judul Cara Report Akun Instagram.

Tutorial untuk Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram dengan Mudah

Setelah tahu ciri-cirinya, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui pemilik akun fake Instagram. Oiya, sebenarnya tulisan di bawah ini menjelaskan tulisan pada bab ciri-ciri akun fake Instagram, ya. Jadi, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini untuk lebih meyakinkan diri kalau akun incaranmu adalah akun fake Instagram.

1. Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram Melalui Profil

Salah satu cara mengetahui pemilik akun fake Instagram bisa dilakukan dengan melalui profil akun tersebut. Namun, bagiku cara ini kurang bekerja dengan optimal karena hanya bisa dilakukan untuk akun-akun pengiklan dengan banyak followers. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mempraktikkan langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui pemilik akun fake Instagram.

Langkah pertama, buka aplikasi Instagram, kemudian cari akun fake di kolom pencarian, atau bisa juga melalui daftar followers jika Akun tersebut mengikuti kamu.

Jika sudah ditemukan, buka profil di akun tersebut lalu klik tanda titik tiga yang berada di sudut kanan atas halaman profil.
Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram 1
Aku menangkap tampilan layar akun opiniid untuk memberi contoh menu tentang akun ini. Tidak semua akun terdapat menu tersebut.

Setelah itu, lihat pada menu yang ada, cari opsi tentang akun ini, dan tap pada bagian tersebut.

Nantinya Instagram akan memunculkan detail informasi mengenai akun tersebut dan kamu juga bisa mengecek riwayat pergantian nama akun tersebut dengan memilih opsi former username.

2. Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram dengan Metode Login

Dengan menggunakan cara ini setidaknya kamu bisa mendapatkan petunjuk mengenai siapakah pemilik dari akun fake tersebut. Langsung saja, praktikkan langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, kamu harus log out terlebih dahulu akun Instagram milik kamu sendiri agar kamu bisa masuk ke halaman Login Instagram.

Selanjutnya, cobalah login dengan memasukkan nama akun atau username akun fake tersebut di kolom yang tersedia.

Gunakan fitur lupa kata sandi yang ada di bagian bawah kolom kata sandi dan nantinya akan muncul beberapa opsi pemulihan.

Pilih salah satu opsi pemulihan misalnya email atau nomor telepon, dan nantinya akan muncul clue mengenai nomor telepon dari pemilik akun tersebut.

Dari clue tersebut, semoga bisa terbongkar siapa dalang di balik akun fake Instagram incaranmu.

3. Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram Dengan Menggunakan Nomor HP

Terkadang, beberapa akun fake yang sering muncul di Instagram kamu ternyata milik orang-orang yang kamu kenal. Tidak jarang pula, kamu menyimpan nomor pemilik akun fake Instagram tersebut. Nah, untuk mengetahui siapa pemilik dari akun fake Instagram incaranmu, kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur yang dimiliki oleh Instagram dengan mempraktikkan cara berikut.

Pertama, buka aplikasi Instagram yang ada di perangkat kamu dan klik halaman profil Instagram.

Pada halaman profil Instagram kamu, klik tanda garis tiga yang ada di sudut kanan atas halaman profil tersebut.

Klik menu pengaturan yang berada di bagian paling atas, dan nantinya kamu akan menemukan fitur ikuti dan undang teman.
Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram 3

Nantinya kamu akan dimintai persetujuan untuk aplikasi Instagram agar bisa mengakses kontak.
Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram 4

Jika akun fake Instagram tersebut merupakan salah satu orang yang berada di daftar kontak kamu, maka otomatis namanya akan muncul dalam daftar saran akun untuk diikuti. Perlu kamu tahu, cara yang satu ini memang mudah dilakukan, namun cara ini tidak akan bekerja jika konflik tersebut menggunakan email untuk mendaftar akun Instagram.

Gimana? Gampang banget kan? Meskipun tidak menjamin 100% identitas asli pemilik akun fake Instagram, tetapi tidak ada salahnya untuk mempraktikkan langkah-langkah mengetahui pemilik akun fake Instagram dengan mudah.

Jika kamu punya cara yang lebih manjur, atau masih memiliki pertanyaan, tinggalkan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done