News Update
Loading...

Sabtu, 04 Juni 2022

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan

Apakah kamu sedang mengalami kehilangan chat Whatsapp yang penting dan ingin mengembalikannya? Kejadian ini sangat sering terjadi ketika pengguna whatsapp tidak sengaja menghapus data aplikasi, kehilangan ponselnya, ponsel yang rusak, dan alasan lainnya. Sehingga mencari cara mengembalikan chat wa yang hilang tanpa dicadangkan di Android, tanpa dicadangkan di sini berarti tidak melakukan backup sebelumnya.

Padahal fitur backup di WhatsApp sangat membantu untuk mengembalikan chat, dokumen, dan berkas penting lainnya. Namun, sebagian pengguna whatsapp terkadang lupa hingga tiba-tiba chat penting yang dibutuhkan hilang begitu saja dikarenakan berbagai faktor.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan 1

Pada tulisan ini, aku akan membahas cara mengembalikan chat Whatsapp yang hilang tanpa dicadangkan, di Android khususnya. Beberapa langkah di bawah ini mungkin juga akan sama dengan pengguna Whataspp di iPhone. Jadi, pengguna iPhone juga bisa mempraktikkannya.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan di Android

Mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan di Android bisa dibilang gampang-gampang susah. Sisi gampangnya, kalau kamu rajin melakukan backup, kemungkinan data yang hilang tidak banyak-banyak amat. Repotnya kalau chat yang sudah lama, tidak pernah di-backup, bisa-bisa kamu akan kehilangan seluruh chat kesayanganmu. 

Bagi sebagaian orang, mungkin kehilangan chat WA dianggap tidak terlalu penting, tetapi bagi yang membutuhkan suatu chat tertentu pastinya berusaha dengan keras untuk mendapatkannya kembali. Jika kamu termasuk orang dengan tipe kedua, kamu bisa mempraktikkan alternatif di bawah ini.

Aku membagi menjadi beberapa kondisi, agar lebih mudah untuk melakukan tindakannya. Kita akan mulai dari yang paling mudah, simpel, tanpa aplikasi tambahan pula, hehehe.

Menghubungi Kontak Teman yang Pernah Dihubungi atau yang Bersangkutan

Langkah paling cepat dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan chat WAyang hilang tanpa dicadangkan adalah dengan menghubungi kontak temanmu. Meskipun chat pada aplikasi WhatsApp kamu tiba-tiba hilang, bukan berarti chat dengan temanmu tadi ikut hialng. Chatmu dan orang tersebut masih bisa diakses dari HP temanmu. Dengan catatan, temanmu belum menghapusnya, ya.

Kamu bisa minta tolong temanmu untuk mengirimkan ulang atau mengambil tangkapan layar (screenshot) lalu mengirimkannya ke WA-mu. Ada beberapa catatan agar "misi" ini sukses, hehehe.

Pertama, ingat-ingat terlebih dahulu kontak teman yang pernah kamu hubungi terkait chat tersebut, misalnya rekan kerja atau teman sekolah

Kemudian beritahu alasanmu meminta chat tersebut, kalau sudah, jangan lupa untuk berharap-harap cemas temanmu mau membantumu. Selanjutnya, kamu bisa memintanya meneruskan pesan tersebut atau mengambil tangkapan layarnya.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk menemukan salah satu chatt yang sangat penting. Cara ini kurang efektif jika kamu menginginkan banyak chat sekaligus, tentu akan terasa ribet jika harus mengirimkan chat personal ke seluruh temanmu.

Mengecek di Database File Manager Whatsapp

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah mengecek dari database file manager Whatsapp. Pada beberapa device, Whatsapp mem-backup chatmu secara otomatis di memori internal. Bisa juga di waktu sebelumnya, kamu pernah mem-backup Whatsapp di memori internalmu.  

Untuk mengeceknya data backup Whatsapp, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini.

Buka aplikasi File manager di Android-mu, kemudian tap penyimpanan internal. Cari folder WhatsApp

Kemudian, cari folder yang bernama database. 

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan 2

Mungkin kamu akan menemukan file dengan nama msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt14 . Itu artinya, kamu pernah melakukan  backup di memori internalmu. 

Oiya, maksud dari TTTT-BB-HH adalah Tahun, Bulan, dan Tanggal, ya. Ini juga sebagai tanda kapan kamu membackup chat Whataspp-mu. Misalnya msgstore-2022-06-23.1.db.crypt14. Berarti terakhir kali aku membackup Whatsapp-ku tanggal 23 Juni 2022.
Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan 3

Selanjutnya, ubah nama file dengan menghapus kode tanggal backup. Gampangnya, ubah msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt14 menjadi msgstore.db.crypt14

Setelah mengubah nama database tadi, selanjutnya uninstall Whatsapp.

Tunggu beberapa menit, kemudian unduh dan install lagi WhatsApp melalui Google Play Store.

Masukkan nomor HP Whatsapp-mu, tunggu kode OTP-nya, masukkan di kolom OTP.

Kamu harus berhati-hati, pada saat pertama kali login, kamu akan dihadapkan pada menu untuk memulihkan chat Whatsapp atau tidak. Tap pulihkan dan tunggu prosesnya selesai.

Jika berhasil, kamu bisa masuk kembali ke akun Whatsapp kamu dan chat yang hilang akan muncul kembali. 

Cara di atas akan berfungsi dengan baik jika kamu pernah membackup Whatsapp pada kesempatan sebelumnya. Jika kamu belum pernah membackup Whatsapp-mu, kamu akan kesulitan untuk mempraktikkan langkah-langkah tersebut.

Oiya, langkah-langkah tersebut berdasarkan pengalamanku ya. Jadi, belum tentu berhasil 100%. Namun, tidak ada salahnya jika cara-cara di atas kamu praktikkan terlebih dahulu. Agar kejadian ini tidak terulang, kamu bisa membackup chat Whatsapp-mu secara rutin. Aku pernah membahasnya pada tulisan yang berjudul Cara membackup Whatsapp Tanpa Google Drive, dan Cara Membackup Whatsapp (di Google Drive).

Itu tadi alternatif cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan sebelumnya di Android. Semoga membantu kamu untuk menemukan chat yang kamu butuhkan atau inginkan.

Kalau kamu punya cara yang manjur atau masih kebingungan dengan penjelasan di atas, cantumkan pertanyaanmu di kolom komentar ya! 

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done