News Update
Loading...

Rabu, 16 November 2022

Cara Membuat Tautan Panggilan di Whatsapp

Membuat tautan panggilan di Whatsapp adalah salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh Whatsapp. Dengan membuat tautan panggilan ini, kita bisa melakukan panggilan suara ataupun video dengan peserta yang lebih banyak.

Cara kerjanya mirip dengan Zoom, atau Google Meet. Jadi, kita membuat ruang virtual agar orang lain dapat masuk ke ruang virtual yang sudah kita buat di Whatsapp. Hebatnya lagi, dengan fitur ini, orang yang belum pernah berkontak dengan kita bisa ikut bergabung juga.

Cara Membuat Tautan Panggilan di Whatsapp

Lebih memudahkan dan memberi kepraktisan bukan? Pada tulisan ini, kita akan membahas cara membuat tautan panggilan atau Call Link di Whatsapp.

Apa itu Buat Tautan Panggilan di Whatsapp

Sebelum kita membahas cara membuatnya, kamu dapat menemukan fitur baru ini pada tab Panggilan yang ada di aplikasi Whatsapp. Untuk melihat fitur ini, kamu dapat mempraktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Whatsapp, pastikan Whatsapp-mu versi terbaru ya.

2. Buka tab Panggilan dengan tap menu Panggilan, atau swipe ke kiri pada beranda Whatsapp.

Kamu akan melihat fitur Buat tautan Panggilan di atas histori panggilan dengan kontak lain.

Cara Membuat Tautan Panggilan di Whatsapp

Untuk membuat tautan panggilan di Whatsapp, kita dapat melanjutkan langkah-langkah yang ada di bab sebelumnya. 

1. Dari tab Panggilan, langsung saja tap Buat Tautan Panggilan. Kamu bisa memilih jenis panggilan apa yang hendak kamu buat. Panggilan video atau panggilan suara saja.

2. Kemudian tap Kirim tautan via WhatsApp.

3. Pilih kontak atau grup yang ingin kamu undang dalam panggilan Whatsapp-mu.

4. Selain itu, tautannya juga bisa kamu salin, lalu bagikan secara manual ke kontak Whatsapp-mu, atau aplikasi media sosial lainnya.

Gimana? Gampang banget kan? 

Mungkin kamu bertanya-tanya, siapa saja yang dapat bergabung ke Tautan Panggilan ini? Jawabannya semua orang yang memiliki tautan atau link tersebut. Siapapun dapat bergabung ke ruang virtual yang telah kamu ubah. Tidak hanya itu, tautan panggilan ini dapat kamu akses kapanpun. 

Sedikit berbeda dengan Google Meet, ataupun Zoom yang menerapkan sistem host. Pada tautan panggilan Whatsapp tidak menerapkan fitur itu. Artinya, ketika tidak ada orang di ruang virtual tersebut, kamu tetap bisa masuk ke ruang virtual tersebut.

Cara Mengakhiri Tautan Panggilan di Whatsapp

Bagaimana untuk mengakhiri panggilan tersebut? Kita tidak bisa mengakhiri panggilan dari tautan panggilan. Kalau kita mau mengajak orang lain, kita bisa membuat tautan panggilan yang baru lagi. Namun, jangan bagikan tautan tersebut kepada orang yang tidak kamu ajak.

Untuk membuat tautan baru, caranya juga tak kalah mudah.

1. Buka tab Panggilan.

2. Tap Buat Tautan Panggilan.

3. Ubah mode panggilannya. Misal awalnya Panggilan Video, ubah ke Panggilan Suara. Kemudian ubah lagi ke Panggilan Video. Kamu akan mendapatkan tautan baru lagi.

Meski kamu tidak bisa secara langsung mengakhiri ruang virtual dari tautan panggilan, setidaknya kamu bisa membuat ruang yang baru untuk membuat pertemuan baru dengann orang-orang yang berbeda. Asalkan tautan kedua tidak kamu bagikan dengan orang lain.

Oiya, tautan panggilan ini ada masa aktifnya sendiri. Menurut laman FAQ Whatsapp, tautan panggilan akan kadaluarsa jika tidak digunakan selama 90 hari. Setelah 90 hari tidak digunakan, kita tidak dapat mengakses ruang virtual yang kita buat dari tautan panggilan Whatsapp.

Cara Membuat Tautan Panggilan di Whatsapp 2

Gimana? Gampang banget kan? Kamu bisa membuat tautan panggilan di Whatsapp dengan sangat mudah. Fitur terbaru ini dapat kamu gunakan untuk memudahkanmu menghubungi orang-orang tertentu pada kesempatan yang lain.

Untuk mengakhiri tautan panggilan, kamu cukup matikan saja seperti mengakhiri panggilan biasa. Namun, yang menjadi catatan, kita tetap bisa mengakses ruang virtual itu kapanpun. Asalkan tidak lebih dari 90 hari tidak digunakan, tautan panggilan tetap bisa kita akses.

Masih ada pertanyaan seputran tautan panggilan di Whatsapp? Cantumkan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done