News Update
Loading...

Kamis, 10 November 2022

Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda Instagram beserta Solusinya

Ketika sedang berselancar di Instagram, mungkin beberapa dari kamu pernah mengalami tiba-tiba muncul notifikasi kecil berbunyi Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda Instagram. Kalau sudah muncul seperti ini, otomatis kita tidak dapat melihat beragam postingan, Instastory, dan reels orang lain.

Beruntung jika sudah berselancar di Instagram. Pada beberapa orang, mungkin pertama kali membuka Instagram, tampilannya hanya putih kosong, hanya menampilkan notifikasi tersebut. Sudah coba menutup Instagram lalu buka lagi, ternyata hasilnya sama saja.

Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda Instagram

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara mengatasi tidak dapat memuat ulang kabar beranda Instagram beserta solusi yang bisa kamu coba. Meskipun tidak ada jaminan 100% cara ini akan bekerja, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba terlebih dahulu.

Penyebab Instagram Tidak dapat Memuat Kabar Beranda

Terdapat beberapa hal yang kerap menjadi penyebab Instagram tidak dapat memuat kabar beranda, baik itu postingan gambar, video, Instastory, termasuk reels.

1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Sebagai salah satu media sosial, untuk mengakses beragam postingan, kamu memerlukan koneksi internet yang stabil. Dengan koneksi internet yang stabil, seharusnya kamu bisa merefresh beranda Instagram yang kosong.

Kemungkinan lain, koneksi internet dari operator yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan atau perbaikan sementara. Tidak menutup kemungkinan, kuota yang kamu beli di awal bulan juga sudah habis. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa coba gunakan WiFi, atau tethering kepada temanmu untuk mengecek apakah paket data HP-mu bisa digunakan atau tidak.

2. Membersihkan File Cache Instagram

Ketika kita berselancar di dunia maya, aplikasi-aplikasi yang kita gunakan akan menyimpan cache agar suatu laman dapat dimuat lebih cepat. Meski demikian, semakin banyak cache yang tersimpan, semakin banyak pula menggunakan memori internal. Ada kalanya, kita perlu membersihkan cache ini agar aplikasi yang kita gunakan fresh kembali.

Kamu bisa praktikkan langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan cache Instagram.

  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih aplikasi
  3. Gulir ke bawah, dan cari Instagram
  4. Selanjutnya, tap Clear Cache.
  5. Jika muncul notifikasi, tap OK.
Selain merefresh Instagram, dengan membersihkan cache Instagram, kamu juga turut membersihkan memori internal HP-mu.

3. Menghapus Data Aplikasi Instagram

Jika dengan clear cache, masalahmu masih belum teratasi, kamu bisa coba untuk menghapus data Instagram. Menghapus data Instagram berbeda dengan clear cache. Dengan menghapus data aplikasi Instagram, kita akan merefresh aplikasi tersebut. 

Sederhananya, kita seperti menginstall ulang aplikasi Instagram, tetapi tidak menguninstallnya. Karena menghapus data, tidak menutup kemungkinan nantinya kamu diminta memasukkan username dan password Instagram lagi ketika hendak login ke Instagrammu. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.
  1. Buka pengaturan.
  2. Pilih aplikasi
  3. Gulir ke bawah, dan cari Instagram
  4. Selanjutnya, tap Clear Data.
  5. Jika muncul notifikasi, tap OK.
Setelah menghapus data Instagram, coba buka kembali aplikasi Instagram. Login menggunakan username dan password Instagrammu. Jika kamu lupa password Instagrammu, kamu bisa praktikkan cara mengatasi lupa password Instagram.

4. Menginstall Ulang atau Update Instagram

Coba perbarui aplikasi Instagram dari Google Play Store. Tidak menutup kemungkinan, di versi yang kamu gunakan terdapat bug atau kesalahan, sehingga tidak bisa lagi merefresh kabar beranda Instagram. 

Cara yang paling mudah untuk update aplikasi Instagrammu adalah dengan mengunjungi Google Play Store. Lebih detailnya, praktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Google Play Store.

2. Kemudian, tap ikon pencarian, lalu masukkan Instagram.

3. Selanjutnya, tap update untuk memasang aplikasi Instagram versi terbaru.

4. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Kamu juga bisa menguninstall aplikasi Instagrammu terlebih dahulu sebelum mengupdatenya. Cukup hapus aplikasi Instagram, lalu unduh ulang dari Google Play Store.

5. Versi OS HP Sudah Tidak Didukung

Di tengah pesatnya perkembangan zaman, tidak menutup kemungkinan kalau Instagram turut membatasi OS-OS yang dapat menggunakan Instagram. Jika sudah demikian, mau tidak mau kamu harus memperbaharui OS HP-mu atau bisa juga kamu menggunakan custom rom untuk mendapatkan OS yang didukung menggunakan aplikasi Instagram.

6. Server Instagram sedang Bermasalah

Tidak menutup kemungkinan pula, server Instagram sedang bermasalah. kalau server Instagram sedang bermasalah, satu-satunya cara yang dapat kita lakukan adalah menunggu. Menunggu sampai server Instagram dapat diakses lagi. 

Itu tadi beberapa penyebab tidak dapat memuat ulang kabar beranda Instagram, penyebab, beserta solusinya. Kamu bisa mempraktikkan beragam cara tersebut untuk mengatasi Instagram.

Kalau kamu punya cara yang lebih ampuh, atau punya pertanyaan lain, kamu bisa cantumkan di kolom komentar ya!

Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done