News Update
Loading...

Kamis, 07 November 2019

Membuat Akun atau Daftar Instagram Baru lewat HP Android

Membuat akun instagram baru

Pada tulisan ini, kita akan membahas cara membuat akun Instagram baru atau mendaftar Instagram lewat HP android. Bagi kalian yang gemar bermain media sosial, pasti sudah tahu apa itu Instagram. Bagi kalian yang jarang berselancar di media sosial, jangan berkecil hati karena tidak tahu apa itu Instagram.

Nah, Instagram adalah salah satu media sosial yang digunakan untuk membagikan foto atau video kepada orang lain. Pemilik dari media sosial ini adalah Mark Zuckerberg, sekaligus pemilik perusahaan Facebook karena pada tahun 2012, perusahaan Facebook membeli saham Instragram dengan harga 1M dollar. Bisa bayangin kan kalau dirupiahkan jadi berapa? Ehehhe

Meskipun pemiliknya sama, Mark Zuckerberg, tetapi Instagram memiliki karakteristiknya sendiri. jika Facebook bisa membuat postingan berupa tulisan saja, Instagram tidak bisa. Kamu harus mengunggah setidaknya satu foto atau video untuk membuat postingan. Dapat disimpulkan, fokus utama Instagram untuk membagikan foto/video.

Menurutku, fitur Instagram cukup lengkap. Pengguna Instagram dapat membagikan foto (bisa berupa postingan maupun Insta Story), melihat postingan orang lain berupa foto/video, memberi like, mengomentari, bahkan mengirimkan private massege atau yang disebut dengan Direct Massege ke pengguna lain. Fitur terbarunya, kamu dapat bermain game di Instagram bersama temanmu.

Pengguna Instagram dapat melihat kiriman atau postingan pemilik akun yang tidak mengunci akunnya (akun private) dengan leluasa. Ketika kamu mengikuti akun yang dikunci atau diprivate, kamu harus menunggu persetujuan dari pemilik akun yang dikunci untuk melihat-lihat postingan yang dia miliki. Kamu juga bisa membagikan Insta Story kepada orang-orang yang dekat dengamu dengan fitur close friend.

Dengan fiturnya yang sedemikian rupa, Instagram sangat populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda baik pria maupun wanita. Data menunjukkan "populasi" pengguna Instagram mencapai 56juta atau 20.97% dari total populasi. Menurut Suara.com, jumlah pengguna Instagram di Indonesia menduduki peringkat 4 besar di dunia. Data tersebut sebagai berikut:

1. Amerika Serikat -- total pengguna 110 juta atau 33.44 persen dari total populasi.
2. Brasil -- total pengguna 66 juta atau 31.38 persen dari total populasi.
3. India -- total pengguna 64 juta atau 4.68 persen dari total populasi.
4. Indonesia -- total pengguna 56 juta atau 20.97 persen dari total populasi.

Menurut dewaweb.com jumlah pengguna Instagram mencapai 1 miliar pengguna aktif pada tahun 2018. Pengguna Insta Stories (salah satu fitur Instagram) mencapai 500juta per hari. Dengan penggunanya yang mencapai 1 miliar, tidak sedikit yang menjadikan Instagram sebagai ladang mencari uang alias tempat mempromosikan produk mereka bisa berupa barang maupun jasa. Tidak sedikit pula yang memanfaatkan Instagram untuk sarana refreshing atau mencari hiburan. Di balik itu, terdapat akun-akun yang memberikan informasi secara cuma-cuma melalui postingan mereka.

Nah, pastinya kamu enggak pengin ketinggalan informasi yang beredar dari "dunia" dengan "penduduk" mencapai 1 miliar ini kan? Tanpa basa-basi, langsung praktikkan cara membuat akun Instagram baru.


Langkah Mudah membuat Akun Instagram Lewat HP Android Pakai Email 

1. Pastikan kamu sudah mengunduh Instgram dari Google Play Store, jika belum, silakan kamu mengunduh sekaligus menginstall Instagram di HPmu.

2. Langsung buka Instagram yang baru saja kamu unduh.

3. Kamu akan menemukan tampilan awal dari Instagram seperti gambar di bawah ini.

Membuat akun instagram baru-1
Tampilan halaman depan Instagram

Sebenarnya terdapat 3 menu utama pada halaman utama Instagram, yaitu Login (digunakan untuk login Instagram jika sudah memiliki akun Instagram), Masuk dengan Facebook (digunakan untuk login jika kamu sudah pernah membuat akun Instagram menggunakan Facobook), dan Buat Akun.

Karena kita akan membuat akun Instagram baru menggunakan email, tap Buat Akun.

4. Kamu akan dibawa ke tampilan baru, disediakan 2 opsi pendaftaran, melalui Telepon atau Email.

Isi dengan emailmu yang aktif, lalu tap selanjutnya

Menu Telepon jika kamu ingin mendaftar menggunakan nomor HPmu. Jika kamu ingin mendaftar melalui Email, tap Email, masukkan email aktifmu, lalu tap Selanjutnya.

5. Selanjutnya isi Nama Lengkap dan Kata Sandi.

Kamu tidak perlu khawatir tidak dapat mengubah nama, jika akunmu sudah aktif, kamu bisa mengedit namamu.
Untuk kata sandi/password, minimal terdiri dari 6 karakter. Aku sarankan pembuatan password menggunakan karakter alfanumerik atau gabungan huruf dan angka, tapi yang mudah diingat, ya.

6. Centang Save Password jika kamu ingin menyimpan passwordmu, dan kamu melakukan pendaftaran menggunakan HP pribadimu. Jika kamu tidak ingin menyimpan passwordmu, kamu tidak perlu memberi centang.

7. Langkah selanjutnya menyinkronkan kontak, jika kamu ingin Instagram menyinkronkan kontakmu, kamu bisa tap Lanjutkan dan Sinkronkan Kotak. Jika tidak, tap yang di bawahnya,  Lanjutkan Tanpa Menyinkronkan Kontak.

Membuat akun instagram baru-3
Tampilan isi nama lengkap dan password

8. Okei, sebentar lagi akunmu selesai karena sudah diberi ucapan selamat datang. Tap Selanjutnya.

9. Jika kamu ingin menghubungkan akun Instagram ke Facebook, tap Hubungkan Ke Facebook, tetapi pada tulisan ini, aku tap lewati karena tidak ingin menghubungkan akun Ig dengan FB

Membuat akun instagram baru-4
Tap lewati jika tidak ingin menghubungkan akun Instagram dan Facebook

Membuat akun instagram baru - 5
Tap lewati sekali lagi

10. Tambahkan Foto Profilmu, kamu juga bisa tap Lewati karena nanti kamu juga bisa mengubah foto profilmu.

11. Selamat! kamu sudah memiliki akun Instagram yang baru, dan kamu telah masuk di halaman beranda Instagram.

Mengatur Akun Instagram

Yang dimaksud mengatur akun Instagram di sini adalah menambahkan foto profil, biografi atau deskripsi singkat tentang dirimu, bisa juga menambahkan Website.

1. Langkahnya cukup mudah, dari beranda Instagram, tap Foto yang ada di pojok kanan bawah.
Membuat akun instagram baru-6
Halaman Beranda IG, tap foto di pojok kanan bawah

2. Secara otomatis, kamu dibawa ke halaman profilmu.

3. Tap Edit Profil, maka kamu dapat mengubah nama, username, bio, dan website yang ingin ditampilkan pada halaman profilmu.
Halaman Profil Instagram, tap Edit Profil
Halaman edit profil, jika sudah tap centang di pojok kanan atas

Keterangan
a. Foto Profil adalah foto identitas akun Instagrammu.
b. Nama Lengkap adalah nama yang muncul di halaman profil.
c. Username adalah identitas unikmu, kamu dapat membagikan username agar temanmu lebih mudah menemukanmu di Instagram.
d. Biografi adalah ringkasan tentang dirimu, maximal 150 karakter, ya.
e. Website adalah alamat URL yang ingin kamu tampilkan di profilmu.

Bagaimana? Kamu sudah memiliki akun Instagram? Selamat memasuki dunia berpenghuni 1miliar! Jangan takut untuk bereksplorasi di Instagram. Oiya, jangan lupa untuk follow akun @sinause.id

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done