b Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram - SINAUSE.ID
News Update
Loading...

Senin, 11 Mei 2020

Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram

Instagram adalah satu media sosial yang sangat digemari oleh masyarakat luas. Dengan Instagram, kita bisa membagikan foto, video, IGTV, sampai mencari pundi-pundi kehidupan. Berkat berbagai kemudahan itu, tidak jarang orang juga memanfaatkan hal-hal tersebut untuk hal yang tidak bertanggungjawab.

Bisa jadi berkat segala kemudahan untuk mengakses informasi, informasi kita "bocor" di internet, bisa-bisa akun Instagram kesayangan kita dihack atau diretas orang. Bukan hal yang tidak mungkin jika ada yang dengan sengaja mencari-cari celah untuk mengambil data kita, data login ke Instagram misalnya.

Dengan berbagai kondisi seperti itu, waktunya kita untuk berbenah agar kita lebih waspada, dan berhati-hati dalam menyimpan informasi kita di dunia maya. Pastinya kamu tidak mau kan akun kesayanganmu hilang ditelan ganasnya dunia maya?

Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram


Pada tulisan ini, kita kan membahas cara mengetahui siapa yang hack Instagram kita. Apakah Instagram dengan sistem keamanan yang sedemikian rupa masih bisa dihack? Jawabannya masih, sebagai contoh, beberapa waktu lalu, sempat beredar berita akun Luna Maya dihack orang lain atau berita yang baru-baru ini akun Instagram Anjasmara diretas oleh hacker. Maka dari itu, kita harus lebih waspada dan berhati-hati.

A. Ciri-ciri akun Instagram Dihack

Sebelum masuk pembahasan, kita akan membahas mengenai ciri-ciri akun Instagram yang dihack. Jika kamu mengalami salah satu atau bahkan beberapa ciri berikut ini, kamu harus mulai waspada, bahkan melakukan tindakan cepat.

● Tiba-tiba Logout

Ketika berselancar di Instagram menggunakan HP pribadi, otomatis ketika kamu membuka aplikasi Instagram, kamu akan langsung membuka akun Instagrammu. Namun, jika suatu saat kamu membuka aplikasi Instagram, tetapi tiba-tiba muncul popup notifikasi yang menyatakan kamu sudah keluar dari Instagram. Bisa jadi ada orang yang berhasil login ke akunmu, lalu mengubah password Instagrammu.

● Mendapatkan Notifikasi

Setelah mendapatkan popup notikasi yang menyatakan kamu keluar dari akun Instagrammu, ada baiknya kamu membuka email yang terhubung di akun Instagrammu. Biasanya kamu akan mendapatkan email pemberitahuan jika ada seseorang yang berhasil login ke akunmu. Jika kamu merasa tidak ada yang login menggunakan akunmu, kamu bisa tap Secure your account here.
Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram
Contoh Email pemberitahuan ada yang login akun Instagram kita

Ikuti langkah-langkah yang sudah disediakan, sampai kamu berhasil mengamankan akun Instagrammu. Sejauh aku menggunakan Instagram, aku selalu mendapatkan notifikasi ketika ada yang login ke akun Instagramku. 

Selain mendapatkan notifikasi login, jika kamu tidak berhasil mengamankan passwordmu, mungkin kamu akan mendapatkan email baru lagi. Intinya pihak Instagram memberitahu kamu bahwa baru saja ada yang mengubah password akun Instagram. Jika kamu tidak mengubah password pada saat itu juga, dapat dipastikan akunmu sudah dihack oleh orang lain. Jika sudah begini, kamu menggunakan fitur lupa password Instagram
Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram
Contoh Email ada yang mengubah password akun IG

● Beberapa Informasi yang ada di Akun Instagrammu Berubah

Ketika orang yang tidak bertanggung berhasil hack akunmu, tidak jarang mereka akan mengubah beberapa informasi mengenai akunmu. Seperti pada kasus akun Luna Maya, hacker menghapus semua postingannya, mengubah bio, mengunggah Instastory, bahkan mengunggah postingan di Instagram. Jika kamu mengalami hal serupa, sudah hampir dipastikan akun Instagrammu sudah berhasil dihack orang lain. 

Selain beberapa informasi personal tersebut, kamu juga bisa memantau pergerakan akun aslimu, jika kamu tidak pernah memfollow akun lain, tetapi tiba-tiba akunmu memfollow akun yang mungkin tidak tahu siapa itu, kamu harus mulai mengambil langkah antisipasi dengan mengubah password Instagram.

B. Tips Mengamankan Akun Instagram dari Hacker

Setelah mengerti ciri-ciri akun yang dihack oleh orang lain, pada bagian ini, kita akan membahas mengenai tips mengamankan akun Instagram. Tips ini sudah aku praktikkan sejak tahun 2012, hasilnya, akunku masih tetap sama.

● Pantau Aktivitas Akunmu

Instagram sudah membekali aplikasinya untuk melihat data akun. Dengan fitur Data Akun, kamu bisa melihat perubahan mengenai detail privasi, dan sifatnya rahasia, seperti perubahan kata sandi, alamat email, dan nomor telepon. 

Selain itu, kamu juga melihat perubahan informasi profil, aktivitas login, dan lain sebagainya. Namun, fitur ini tidak memungkinkan kamu melihat secara detail perubahan apa yang diganti. Kamu hanya bisa melihat kapan-kapan saja kamu melakukan perubahan terhadap akunmu. 

Jika dirasa ada aktivitas yang mencurigakan, atau bukan kamu yang melakukan, kamu bisa cepat-cepat mengubah password, atau menambah keamanan dari akunmu. Untuk mengakses data perubahan ini, kamu bisa membuka aplikasi Instagram - masuk ke pengaturan akun - selanjutnya tap Keamanan - Pilih Data Akses, tampilannya seperti screenshot di bawah ini.
Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram
Berbagai menu di Data Akun

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat siapa saja yang login menggunakan akunmu secara real time. Untuk mengeceknya, silakan buka aplikasi Instagram - masuk ke pengaturan akun - selanjutnya tap Keamanan - Pilih Aktivitas Login. Dari situ akan tampak jelas dimana saja akunmu login, dan menggunakan perangkat apa saja. Jika kamu merasa tidak mengenal perangkat tersebut, tap titik tiga di samping daftar perangkat, selanjutnya tap logout.
Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram
Logout akun dari perangkat yang tidak kamu kenal

Bagiku data ini masih kurang tepat, hasil percobaanku, sekitar 3jam yang lalu aku menggunakan laptop untuk membuka akun Instagramku dari kota Yogyakarata. Namun, data yang ditunjukkan (screenshot di atas) menunjukkan pada jam yang sama, aku login bukan di Yogyakarta melainkan kota Pati, Jawa Tengah.

Mari bersama-sama kita berharap ke depannya fitur ini lebih akurat dalam menampilkan fakta dan data. Meskipun demikian, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengecek di mana saja kamu pernah login menggunakan akunmu,

● Menggunakan Autentikasi Dua-Faktor

Autentikasi Dua-Faktor adalah salah satu fitur keamanan yang ditawarkan oleh Instagram untuk mengamankan akunmu. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, kamu akan diminta kode login khusus bisa lewat SMS atau Google Authenticator ketika hendak masuk ke akun Instagrammu. Kesannya ribet, tetapi tidak seribet yang kamu bayangkan.

Untuk menggunakan autentikasi dua-faktor, kamu cukup tap Pengaturan - Keamanan - Tap Autentikasi Dua Faktor, selanjutya tap Mulai. Kamu akan dihadapkan pada dua pilihan, SMS atau aplikasi Autentikasi. 
Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram
Centang SMS

Centang atau tandai SMS, artinya ketika kamu akan login ke akunmu, kamu harus mengunggu kode yang dikirim Instagram melalui SMS sebagai kode verifikasi. Namun, jika kamu memilih menggunakan Autentikasi, sebelum mengaktifkan fitur ini, kamu perlu mengunduh Google Authenticator. Tunggu beberapa saat, kamu akan menerima SMS dari FACEBOOK yang berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut di kolom yang sudah disediakan. Selesai.
Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram
Masukkan kode Verifikasi berupa SMS dari Facebook ke kolom verifikasi

Jika kamu tidak bisa mengaktifkan fitur ini, kamu harus menautkan nomor teleponmu yang aktif di akun Instagrammu. Caranya tidak kalah mudah, buka halaman profilmu, lalu Tap Edit Profile, selanjutnya pada bagian nomor telepon, ubah ke nomor teleponmu, tunggu beberapa saat, kamu akan menerima SMS verifikasi, masukkan kode yang ada di SMS ke kolom yang disediakan.

● Kreatif, dan Kritis

Salah satu cara untuk melindungi akunmu dari hacker dengan menggonta-ganti password akun Instagrammu, daya kreativitas harus kamu tumbuhkan di sini. Kamu bisa menggunakan kombinasi angka, huruf kapital, dan huruf kecil agar orang lain kesulitan untuk menemukan password akunmu.

Jika kamu sudah rajin menggonta-ganti passwordmu, kamu juga harus berhati-hati untuk memasukkan username dan password ke sebuah website. Sebisa mungkin hindari website abal-abal seperti website autolikes, autofollowers, atau website tak jelas lainnya. 

Jika kamu ingin memasukkan username dan passwordmu ke sebuah website, pastikan website tersebut bukanlah website yang abal-abal. Saranku pribadi, cukup masukkan username dan password ke laman resmi Instagram, yaitu https://www.instagram.com/ atau cukup login ke aplikasi Instagram.

C. Cara Mengetahui Siapa yang Hack Instagram

Sampai tulisan ini dibuat, aku sendiri juga belum menemukan bagaimana cara mengetahui siapa yang hack Instagram. Aku mencari kesana kemari, ternyata beberapa jasa adalah jasa yang bodong alias tidak benar-benar berfungsi dengan baik. Informasi ini kudapatkan dari Jaka alias Jalan Tikus. Tidak hanya itu, beberapa blog atau website lainnya pun juga belum bisa memastikan bagaimana cara yang paling ampuh untuk mengetahui siapa yang hack Instagram.

Pepatah kuno mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, hal itu benar adanya, karena sekalinya akunmu terkena hack, kemungkinan terburuknya adalah kamu kehilangan akun Instagram kesayanganmu. Jadi, kamu bisa mengenali ciri-ciri akunmu dihack, dan kamu bisa mengikuti tips-tips yang sudah kita bahas di atas.

Kesimpulan

Meskipun belum ada cara yang ampuh untuk mengetahui siapa yang hack Instagram, kamu bisa mencegah oknum-oknum yang kurang bertanggunjawab yang hendak mengambil akunmu, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dengan berbagai cara. 

Jika kamu memiliki solusi untuk mengetahui siapa yang hack Instagram, kamu bisa membagikannya di kolom komentar. Selamat melindungi privasimu!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
SINAUSE.ID Mengucapkan Selamat Idulfitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.🙏 🙏 🙏
Done