News Update
Loading...

Selasa, 12 Mei 2020

Cara Mengubah Email Instagram dalam 5 Langkah

Siapa yang tidak memiliki akun Instagram? Sejauh ini, teman-teman yang kujumpai rata-rata memiliki akun Instagram. Tak jarang para kawula muda saling bertukar Instagram demi menambah kenalan, atau relasi pertemanan, mungkin niatan utamanya menambah followers di Instagram, ehehe.

Bagi kamu yang belum memiliki akun Instagram, kamu bisa membuat akun Instagram terlebih dahulu untuk menikmati berbagai fitur yang dimiliki Instagram. Ada beragam cara untuk mendaftar Instagram, menggunakan No HP, Email, bahkan, pihak Instagram menyediakan fitur untuk mendaftar melalui Facebook. Mungkin, Instagram sengaja membuat beragam cara mendaftar agar orang tidak perlu ribet-ribet untuk bergabung di dunia Instagram.

Bagi kamu yang pada saat ini sudah tidak dapat mengakses email yang tertaut di Instagram, dan kamu yang pernah mendaftar Instagram menggunakan nomor HP, tampaknya kamu harus mengubah, sekaligus menambahkan email Instagram untuk mengantisipasi ketika kita lupa password Instagram. Seperti yang kita ketahui, setiap nomor telepon memiliki masa aktifnya sendiri-sendiri. Jadi, kamu harus selalu mengecek secara berkala masa aktif kartumu agar kamu bisa tetap terhubung di Instagram.
Cara Mengubah Email Instagram


Bayangkan saja, ketika kamu lupa password Instagram, akun Instagrammu hanya tertaut emailmu yang sudah tidak dapat dibuka, atau kamu hanya menautkan nomor HP pada akun Instagrammu, padahal nomor HP-mu sudah tidak aktif. Kemungkinan terburuk, kamu harus merelakan akun Instagrammu, dan akhirnya kamu harus membuat Instagram baru, memulai mengumpulkan followers, postingan mulai dari nol lagi.

Maka dari itu, tak perlu ragu untuk menambahkan email di akun Instagram kamu. Pada tulisan ini, kita akan membahas 3 cara mengubah (dan menambahkan) email Instagram, melalui aplikasi Instagram, tanpa aplikasi Instagram dari HP, dan melalui laptop atau PC.

A. Cara Mengubah Email Instagram melalui Aplikasi Instagram

Kamu bisa mempraktikkan cara ini jika kamu menginstall aplikasi Instagram di HP-mu. Jika kamu tidak menginstall aplikasi Instagram, kamu bisa membacanya sebagai pengetahuan umum, atau langsung melompat ke poin B.

1. Buka aplikasi Instagram di HP-mu.

2. Kemudian buka halaman profil dengan tap icon foto profilmu yang ada di pojok kanan bawah.

3. Selanjutnya Tap Edit Profil.
Cara Mengubah Email Instagram
Masuk halaman profil, lalu tap Edit Profil

4. Gulir ke bawah, sampai menemukan kolom email, selanjutnya tap kolom tersebut, lalu ubah dengan email yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
Cara Mengubah Email Instagram
Tap alamat email, lalu ubah dengan email yang sudah kamu siapkan

Jika sudah, tap centang di pojok kanan atas.

B. Cara Mengubah Email Instagram tanpa Aplikasi Instagram

Bagi kamu yang lebih nyaman membuka Instagram tanpa aplikasi Instagram di HP, kamu tak perlu khawatir karena kamu juga bisa menambahkan email tanpa aplikasi. Kurang lebih caranya sama dengan melalui aplikasi. Nah, untuk detailnya, kamu bisa menyimak dan mempraktikkan cara-cara di bawah ini.

1. Buka browser HP, kamu bisa menggunakan browser bawaan, di sini aku menggunakan Google Chrome, lalu masuk ke halaman https://www.instagram.com/.

2. Login menggunakan akun Instagrammu.

3. Masuk ke halaman profil dengan tap avatar yang ada di pojok kanan bawah.
Cara Mengubah Email Instagram
Tap Edit Profil

4. Selanjutnya tap Edit Profil.

5. Scroll ke bawah, lalu tap kolom email, masukkan email yang sudah kamu siapkan.
Cara Mengubah Email Instagram
masukkan emailmu, lalu tap submit

6. Selanjutnya tap Submit.

C. Cara Mengubah Email Instagram melalui Laptop/PC

Bagi kamu yang lebih nyaman membuka Instagram di laptop atau PC, kamu tak perlu khawatir karena kamu juga bisa menambahkan email melalui PC. Kurang lebih caranya sama dengan melalui aplikasi. Nah, untuk detailnya, kamu bisa menyimak dan mempraktikkan cara-cara di bawah ini.


2. Selanjutnya login menggunakan akunmu.

3. Tap icon avatar yang ada di pojok kanan atas.

4. Selanjutnya klik Edit Profil.
Tap icon avatarmu, lalu tap Edit Profil

5. Scroll ke bawah, pada kolom email, ubah dengan email yang dapat kamu akses.

6. Selanjutnya klik Submit.
Isi emailmu, lalu tap submit

D. Mengonfirmasi Email

Apakah ketiga cara di atas sudah selesai? Sekilas, email yang ada di halaman edit profil sudah berganti, tetapi itu belum sepenuhnya terganti atau belum terkonfirmasi. Maka dari itu, kamu harus mengonfirmasi bahwa email tersebut memang email milikmu. Caranya 

1. Buka inbox email yang kamu sudah kamu masukkan.

2. Selanjutnya, cari email dari Instagram untuk mengonfirmasi akunmu. 
Cara Mengubah Email Instagram
Buka email yang sudah kamu ubah untuk mengonfirmasi

3. Kemudian tap tombol Confirm Email Addres
Cara Mengubah Email Instagram
Tap tombol Confimr Email Address

Tunggu beberapa saat, kamu akan dibawa ke halaman Instagram, dan akhirnya kamu sudah berhasil mengubah email Instagrammu.

[BONUS] Cara Menambahkan No HP Instagram

Tak jarang orang-orang membuat akun Instagram menggunakan email, nah, agar akunmu lebih aman, dan meminimalisir kehilangan akun saat lupa password, kamu bisa menambahkan informasi personalmu dengan nomor HP. Sebagai informasi tambahan, nomor HP ini juga bisa menjadi alternatif ketika kamu lupa password. Selain itu, dengan menambahkan no HP, kamu juga bisa mengantisipasi agar akunmu tidak dihack oleh orang lain.

1. Buka aplikasi Instagram, selanjutnya buka halaman profil.

2. Tap Edit Profil.

3. Scroll ke bawah, lalu masukkan nomor HP-mu. Sama halnya dengan mengubah atau menambahkan email Instagram, kamu diminta untuk mengonfirmasi nomor HP-mu. 

4. Untuk mengonfirmasi nomor HP-mu, kembali ke Beranda Instagram terlebih dahulu. Selanjutnya, buka halaman profil lagi.

5. Tap edit profil. Kamu akan menemukan kolom baru di sana, menu konfirmasi nomor di bawah kolom nomor. 

6. Tap menu konfirmasi nomor, tunggu beberapa saat, kamu akan mendapatkan SMS untuk verifikasi. 

7. Selanjutnya, masukkan kode yang kamu terima melalui SMS di kolom konfirmasi.
Cara Mengubah Email Instagram
Contoh kode konfirmasi berupa SMS dari Instagram

8. Selesai.

Kamu sudah menambahkan email Instagram untuk mengamankan akunmu. Selain itu, kamu juga sudah memasukkan nomor HP-mu agar lebih aman, dan menghindari kehilangan akun saat kamu lupa password Instagram.

Kesimpulan

Fungsi dari mengubah email Instagram untuk mengamankan akunmu atau meminimalisir dirimu kehilangan akun kesayanganmu. Dengan menambahkan email yang aktif, kamu juga bisa mendapatkan notifikasi di mana saja akunmu dibuka, kapan terakhir kali kamu mengubah password, apakah usernamemu berganti atau tidak.

Untuk mengubah email Instagram, ada 3 cara yang dapat kamu gunakan, tetapi pada dasarnya caranya sama saja, yang membedakan mungkin tampilannya saja. Intinya, masukkan email yang sudah kamu siapkan di kolom email yang ada di menu edit profil di halaman profil Instagram.

Cukup mudah bukan? Bagikan tulisan ini agar tema-temanmu juga tidak kehilangan akun mereka. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done