News Update
Loading...

Rabu, 06 Mei 2020

Apa Itu #WeShouldAlwaysBeKind [+ Cara Membuatnya]

Hari ini aku membuka Instastory salah seorang temanku (sebut saja Ciprut), Instastorynya cukup unik, simpel, tetapi menawan. Berwarna putih, terdapat tulisan, "Orang terbaik Versiku" dengan dua GIF di tengahnya, satu anak panah, dan tangan yang membentuk love. Selain kedua objek tersebut, aku juga melihat foto profilku terpasang di Instastory Ciprut.

Hal ini jelas membuatku heran, tumben sekali Ciprut menyebut nama akunku, bahkan memasang foto profil Instagramku di Instastory-nya. Awalnya aku tidak mempedulikan hal tersebut. Kemudian aku lanjutkan melihat-lihat Instastory temanku yang lain, sampai di Instastory seseorang yang bisa kita sebut Cipret. Kamu pasti sudah bisa menebak, apa yang aku dapati di Instastory Cipret, ternyata Cipret juga memasang fotoku, dengan embel-embel yang sedikit berbeda dengan Instastory Ciprut.

#WeShouldAlwaysBeKind


Hal ini membuatku penasaran, dan akhirnya kucoba perhatikan lagi, kedua Instastory temanku ini (sayangnya aku lupa untuk screenshot). Ternyata kudapati mereka sama-sama memasang foto profil temanku, dan menggunakan hastag atau tagar  #WeShouldAlwaysBeKind. Kuberanikan tanya pada Cipret, mengenai bagaimana cara membuatnya. Cukup hitungan menit, Cipret memberiku sebuah postingan yang sudah disukai ribuan orang. Ternyata ada seorang yang membuat kampanye #WeShouldAlwaysBeKind dengan media Instastory di Instagram.


1. Apa itu #WeShouldAlwaysBeKind

Hastag atau tagar WeShouldAlwaysBeKind adalah sebuah kampanye yang mengingatkan bahwa setiap manusia pada dasarnya baik. Menurut Womantalk.com, #WeSholudAlwaysBeKind ini pertama kali dibuat oleh pemuda bernama Sulaiman Syahrod dengan akun Instagramnya @Sulrod. Kampanya/campaign #WeShouldAlwaysBeKind mengajak pengguna Instagram untuk berbagi kebaikan. dan saling mendoakan sesama pengguna Instagram, begitulah pernyataan Sulaiman dari caption Instagramnya




Hai, ini adalah campaign #WeShouldAlwaysBeKind yang mengingatkan bahwa setiap manusia pada dasarnya baik 🙏🙏🙏🙏 Iya, kamu, aku, kita semua sudah intuisinya untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Jangan lupa tebar kebaikan yaaa walaupun cuma satu story. Siap-siap di-DM kalimat dan doa-doa baik dari banyak orang 😇 ✅Untuk ikutan bisa screenshoot pakai template di highlight-ku yang “Be Kind” 😇. . ✅Terus add sticker “Comments” di instastory jangan lupa perbesar hingga maksimal dan dimepetin. . ✅Tambahin tag #WeShouldAlwaysBeKind ya 🆗Boleh tag aku @sulrod kalau mau dishare stories atau cerita pengalaman kamu setelah diDM banyak orang. . . . Notes: Ini adalah campaign yang awalnya hanya untuk bahagiain circle dan teman-temanku, kebetulan dulu beberapa hari lalu followers instagram ku kebanyakan berisi orang-orang terdekatku, thats why ada kata known. Dan gak disangka2 Tuhan memberikan hal yang lebih. By making more people happy, you can also get happiness in return, and it’s also contagios - kalo kata Siochoy. Terlepas banyak penilaian positif ataupun negatif terhadap campaign #WeShouldAlwaysBeKind ini, ku dengan tenang menerima apapun yang kalian rasakan, semua itu sah-sah saja, ku sebagai user experience designer selalu diajarkan untuk nerima apapun feedback dari user dan belajar untuk menjadi lebih baik dari itu. Tidak ada yang salah, maupun benar. Semua kembali lagi pada pandangan, dan experiences masing masing individu, silahkan menilai sendiri :). yang jelas niatan ku dari awal adalah mengingatkan pada dasarnya, pada fitrahnya, manusia itu baik. Baik dan tidaknya seseorang semua tergantung hal mana yang mau dipilih. Kata temanku @yosfahleza orang yang baik itu se-simple orang yang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. As simple as that. Dengan bisa membedakan hal tersebut secara default orang itu adalah orang baik. Thanks untuk @siochoy @dimasnovriandi yang udah mendorong bahwa kebaikan bisa ditularkan dengan hal kecil. Yuk sama-sama memilih jadi orang baik untuk hari ini dan seterusnya. #WeShouldAlwaysBeKind
A post shared by Sulaiman Syahrod (@sulrod) on

Sebenarnya kampanye ini ditujukan kepada teman-temannya di Instagram, tapi ternyata kampanye ini menjadi virul di jagad Instagram. Hal ini diungkapan sendiri oleh @sulrod dalam caption posting Instagramnya, "ini adalah campaign yang awalnya hanya untuk bahagiain circle dan teman-temanku, kebetulan dulu beberapa hari lalu followers instagram ku kebanyakan berisi orang-orang terdekatku, thats why ada kata known. Dan gak disangka2 Tuhan memberikan hal yang lebih." Intinya kampanye ini "tidak sengaja" viral.

Bagiku, kampanye ini adalah kampanye yang positif untuk memberikan pujian, doa, harapan, bagi orang lain melalui Instastory. Selain itu, kampanye ini juga membuat orang penasaran untuk mengomentari Instastorymu karena mereka melihat foto mereka terpampang di Instastorymu. Hasilnya, orang tersebut akan mengomentari Instastorymu, dengan begitu, kamu dan temanmu akan membangun relasi lagi, meski hanya melalui dunia maya.

2. Cara Ikut atau Membuat #WeShouldAlwaysBeKind 

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti kampanye ini, kamu juga bisa membuatnya sendiri di Instastorymu. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan fitur Komentar di Instagram.

1. Yang perlu kamu pastikan, kamu memiliki akun Instagram, selanjutnya buka aplikasi Instagram di HP-mu, lalu login ke akunmu. Jika kamu lupa passwrod Instagrammu, kamu bisa menggunakan fitur lupa password Instagram.

2. Kemudian, masuk ke menu Instastory dengan tap icon kamera yang ada di pojok kiri atas.

Oiya, kamu bisa membuat kampanye ini dengan kata-kata yang kamu buat sendiri misalnya, "Orang paling baik" atau "Orang terimut", dan sebagainya. Namun, untuk memudahkanmu, kamu bisa memanfaatkan template yang sudah disedikan oleh @sulrod di postingan Instagramnya. Jika kamu memilih menggunakan template yang sudah disedikan, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan tools online seperti Regrammer.com, untuk mengunduh postingan tersebut. Untuk langkah menggunakannya, kamu bisa membaca dan mempraktikkan cara-cara yang ada di laman Cara Repost Postingan Instagram.

Namun, jika kamu memilih untuk membuat Instastory dengan kata-katamu sendiri, kamu bisa melewati uraian langkah di atas.

3. Selanjutnya kostumisasi atau percantik tampilan Instastory-mu. 

- Kamu bisa menambahkan background bergerak atau GIF dari Instagram dengan tap Buat - Gulir ke kanan - Cari Giphy - ketikkan Backgrond.

- Kamu juga bisa membuat kampanye ini ber-background putih polos, menggunakan fitur coret di Instastory Instagram, ambil foto - tap icon garis melengkung - tap icon seperti pensil - pilih warna background putih - kemudian tap dan tahan 2-4 detik di foto yang sudah kamu ambil tadi - maka foto yang sudah kamu ambil tadi akan hilang, dan berganti dengan warna putih.

Apa Itu #WeShouldAlwaysBeKind
untuk mengubah Background, kamu bisa menggunakan fitur Coret, jika sudah, tap icon stiker

4. Bagian terpenting dari kampanye ini adalah menambahkan stiker Komentar. Menambahkan stiker komentar di sini berfungsi untuk "mengecoh" teman-temanmu bahwa kamu mencantumkan foto profil mereka, padahal itu adalah salah satu fitur bawaan dari Instagram. Untuk menambahkan stiker Komentar, Tap icon Stiker - lalu cari dan tap Komentar/Comments.
Cara Membuatnya #WeShouldAlwaysBeKind
Tap Comment di menu stiker

5. Selanjutnya pindah stiker komentar tersebut ke bagian kanan layar sampai yang terlihat hanya foto profilmu, tanpa ada kata-kata apapun. Jangan lupa tambahkan #WeShouldAlwaysBeKind dengan tap ikon teks di pojok kanan atas agar kamu juga ikut menyebarkan kebaikan pada sesamamu.

6. Jika kamu rasa tampilan Instastorymu sudah bagus, tap bagikan ke teman-temanmu atau ke deretan teman dekat atau close friend-mu di Instagram.
Cara Membuat #WeShouldAlwaysBeKind
Bagikan ke Instastorymu

#WeShouldAlwaysBeKind
Contoh #WeShouldAlwaysBeKind jika dilihat dari akun followers kita.

Seperti yang kita tahu, Instastory yang kita bagikan hanya bertahan selam 24jam. Lebih dari itu, Instastorymu akan hilang. Jika kamu ingin menyimpan Instastory Instagrammu agar bisa kamu nikmati lebih dari 24jam, kamu bisa mengunduh Instastory dengan berbagai cara.

3. Mau Ikutan? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Bagiku kampanye ini adalah kampanye yang positif karena memuji orang-orang yang melihat Instastorymu. Karena sifatnya yang positif, tentunya semua pengguna Instagram berhak mengikutinya. Namun, sebelum mempublikasikan hasil editanmu ini, kamu harus mempertimbangkan situasi dan kondisi saat ini. 

Kamu tetap harus berhati-hati jika kamu punya teman yang baperan. Contoh sederhananya, ketika kamu menggunakan kampanye ini dengan tulisan, "orang yang kusayang" dan yang muncul foto si doi, dia menanggapi serius, kamu harus bersiap-siap untuk menjelaskannya. Jika kamu saling sayang kan lumayan, tetapi jika dia menganggap serius, padahal kamu hanya bercanda, kan bisa berabe, hehehe.

Tak hanya itu, kamu juga harus berhati-hati jika kamu seorang laki-laki memiliki followers wanita yang pacarnya cemburuan atau posesif. Kampanye dengan kalimat, "orang tersayang" tampaknya harus kamu hindari agar tidak terjadi salah paham, dan kecemburuan yang menjadi-jadi.

Intinya, kamu harus pintar-pintar untuk bermain kata, jangan sampai kampanye yang sebenarnya positif ini, membuat dirimu dicap negatif oleh orang lain karena satu Instastorymu yang kurang menyenangkan.

Kesimpulan

Hastag #WeShouldAlwaysBeKind adalah kampanye yang dibuat oleh @Sulrod,awalnya kampanye ini hanya ditujukan kepada teman-temannya saja. Namun, tak disangka-sangka kampanye ini menjadi viral di dunia Instagram. Inti dari kampanye ini untuk mengingatkan bahwa pada dasarnya semua manusia itu baik.

Harapannya, dengan kampanye ini, semakin banyak orang saling bersilahturahmi. Kunci untuk membuat atau ikut kampanye ini dengan menambahkan salah satu stiker Instagram yang bernama Komentar, jangan lupa tambahkan #WeShouldAlwayasBeKind di Instastorymu.

Udah coba kampanye ini? Bagaimana reaksi kawan-kawanmu? Ada yang GR? Atau emosi? Atau malah jatuh cinta ke kamu, dan berkahir di jadian? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya! Bagikan juga tulisan ini agar kamu semakin banyak menebar kebaikan.

Akhir kata, selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done