News Update
Loading...

Rabu, 07 Juli 2021

Cara Melihat Riwayat Pencarian Instagram yang Telah Dihapus

Instagram memiliki segudang fitur yang dapat kamu manfaatkan agar lebih seru dalam berselancar di dunia penuh foto, dan video ini. Dengan menggunakan Instagram, kamu bisa melihat Instastory temanmu, membuat postingan foto/video di halaman profilmu, berbalas direct messege (pesan pribadi),  sampai membuat grup di Instagram.

Selain fitur-fitur yang ada di atas, kamu bisa mencari akun Instagram seseorang dengan menuliskan username di kolom search yang terdapat pada menu eksplore. Jika kamu perhatikan, fitur tersebut terkadang memiliki saran untuk menuliskan pencarian. Saran pencarian ini muncul ketika kamu pernah mencari dengan kata kunci tersebut.

Cara Melihat Riwayat Pencarian Instagram yang Telah Dihapus thum

Meski demikian, kamu juga bisa menghapus saran pencarian itu dengan sangat mudah karena Instagram sudah menyediakan fitur tersebut. Nah, pertanyaan selanjutnya, apakah bisa melihat riwayat pencarian Instagram yang telah dihapus? Kita akan bahas pertanyaan tersebut pada tulisan ini.

Cara Melihat Riwayat Pencarian Instagram

Riwayat pencarian Instagram adalah data-data yang pernah kamu gunakan untuk mencari akun, postingan, hastag, sampai lokasi yang terdaftar di Instagram. Apa yang kamu ketikkan di kolom pencarian di fitur eksplore akan otomatis tersimpan di database Instagram.

Dengan demikian, jangan heran ketika kamu mencari suatu hal di halaman eksplore, terkadang Instagram memberikan saran pencarian secara otomatis. Saran pencarian otomatis itu dapat berupa nama akun, hastag, bahkan lokasi yang pernah kamu masukkan sebelumnya.

Masih bingung? Coba perhatikan contoh tangkapan layar di bawah ini. Aku belum selesai mengetikkan satu kata, bahkan belum mengetik satu huruf, Instagram sudah menyarankan beberapa akun yang dapat kukunjungi. Benar saja, beberapa hari lalu aku mencari akun-akun tersebut untuk melihat postingan mereka. Kata-kata itulah yang dimaksud dengan riwayat pencarian Instagram.
cara melihat riwayat pencarian instagram yang telah dihapus 7
Akun yang pernah kucari, otomatis muncul di pencarian di fitur eksplore

Selain dari kolom pencarian, kamu juga bisa melihat riwayat pencarian Instagram akunmu melalui pengaturan akun. Untuk melihat semua riwayat pencarian Instagrammu

1. Buka aplikasi Instagram, selanjutnya masuk halaman profil Instagrammu dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah.

2. Selanjutnya, tap ikon garis tiga di pojok kanan atas, lalu pilih Setting.

3. Pada halaman pengaturan, buka menu Keamanan.

4. Lalu, tap Data Akses.
cara melihat riwayat pencarian instagram yang telah dihapus
Tap data Akses

5. Gulir ke bawah, tap Lihat Semua di bawah Riwayat Pencarian.
cara melihat riwayat pencarian instagram yang telah dihapus 2

6. Selesai, pada menu riwayat pencarian, kamu akan melihat beragam username, dan atau hastag yang pernah kamu masukkan sebagai kata kunci penelusuranmu.
cara melihat riwayat pencarian instagram yang telah dihapus 3
Contoh tampilan riwayat pencarian

Dari menu Riwayat Pencarian, kamu bisa menghapus seluruh riwayat pencarianmu dengan tap Hapus Riwayat Pencarian. Selanjutnya, tap Hapus Semua pada pop up konfirmasi yang muncul. Tunggu beberapa saat, riwayat pencarian Instagrammu sudah terhapus.
cara melihat riwayat pencarian instagram yang telah dihapus 4
Tap Hapus Semua

Untuk mengecek apakah benar-benar terhapus, kamu bisa membuka eksplore, lalu tap di kolom pencarian, kamu tidak akan menemukan rentetan akun atau hastag sebelum kamu mengetikkan satu kata.
cara melihat riwayat pencarian instagram yang telah dihapus 5
Tampilan kolom search ketika sudah menghapus riwayat pencarian Instagram

Cara Melihat Riwayat Pencarian Instagram yang Telah Dihapus

Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan yang sudah kutuliskan di depan sudah terjawab jika kamu memperhatikan pop up konfirmasi untuk menghapus riwayat Pencarian, sebenarnya pertanyaan di awal sudah terjawab. Tidak ada cara untuk melihat riwayat pencarian Instagram yang telah kamu hapus.
Cara Melihat Riwayat Pencarian Instagram yang Telah Dihapus
Tampilan pop up konfirmasi

Pada pop up konfirmasi menghapus riwayat pencarian juga sudah dituliskan dengan jelas, "Anda tidak akan mengurungkan tindakan ini". Artinya, kamu tidak akan bisa melihat melihat riwayat pencarian Instagram yang sudah kamu hapus sebelumnya. Satu-satunya cara dengan mengikhlaskan kepergian riwayat pencarian Instagrammu, hehehe.

Semoga dengan membaca tulisan ini, kamu tidak bingung lagi mencari-cari cara untuk melihat riwayat pencarian Instagram yang telah dihapus. Kalau kamu punya cara yang lebih jitu, kamu bisa menambahkannya di kolom komentar, ya! Kamu juga bisa bertanya di kolom komentar jika masih bingung!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done