News Update
Loading...

Jumat, 17 September 2021

Cara Melihat Insight Instagram

Instagram merupakan media sosial yang sangat popular dewasa ini. Instagram selalu hadir dengan berbagai macam fitur menarik yang dimiliki. Salah satu fitur ungggulannya adalah fitur Insight. Sayangnya, banyak yang belum tahu cara melihat Insight Instagram. 

Sebenarnya, cara melihat Insight bukanlah perkara yang sulit. Namun, bagi yang belum terbiasa, hal ini tentu menjadi perkara yang gampang-gampang sulit. Tak jarang, beberapa orang membutuhkan waktu yang lama untuk memahami maksud dari Insight Instagram.

Cara Melihat Insight Instagram

Bicara mengenai Insight Instagram, fitur ini hanya bisa dinikmati bagi akun profesional ataupun akun bisnis. Jadi, untuk menikmati fitur Insight, kamu harus mengubah akunmu ke akun creator atau akun bisnis.

Apa itu Insight?

Insight adalah salah satu fitur Instagram untuk menganlisis data-data demografi pengikut konten yang sudah kamu buat dan tindakan apa yang dilakukan pengikutmu. Tindakan yang dimaksud di sini adalah berapa kali postinganmu dibagikan, berapa orang yang menyimpan fotomu, dan lain sebagainya.

Selain kedua keuntungan tadi, dengan fitur keren ini, kamu juga bisa melakukan analisis efektivitas kampanye, hingga melihat seberapa baik kinerja postingan yang kamu unggah. Dengan demikian, kamu bisa membandingkan performa tiap konten dan tahu konten-konten yang disukai pengikutmu. 

Bagi kamu yang sedang membangun bisnis atau usaha, fitur ini sangat cocok untuk digunakan. Dengan fitur analitik yang ada di Insight, kamu akan dimudahkan dalam mengembangkan produk dan marketing-mu di Instagram.

Meskipun membangun brand (baik di dunia maya maupun nyata) bukanlah perkara yang mudah, tetapi itu semua bisa diperjuangkan. Awal-awal mungkin akan mendapat kendala, di mana Insight yang muncul seolah stuck di angka itu-itu saja. Namun, jangan menyerah, apalagi sampai mengubah ke akun pribadi lagi. Pertahankan konsistensi untuk terus membangun brand tersebut.

Pertanyaannya, mengapa tidak disarankan untuk mengubah ke akun pribadi lagi? Seperti yang sudah kusinggung sebelumnya, fitur Insight hanya bisa dilihat dan digunakan oleh pengguna Instagram mode akun creator dan akun bisnis. Jadi, jangan heran kalau fitur ini tidak muncul di Instagrammu yang masih versi akun biasa.

Jadi, ketika sudah menentukan langkah untuk membangun brand di dunia maya (Instagram khususnya), menggunakan fitur akun bisnis atau akun profesional menjadi pilihannya. Alasan apa lagi kalau bukan untuk menikmati fitur Insight ini.


Cara Melihat Insight Instagram

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara melihat Insight Instagram ini? Pertama-tama pastikan akunmu sudah di mode creator, atau mode bisnis. Selanjutnya, buka halaman profil Instagrammu dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah, kemudian, tap lihat Dashboard Profesional.

Jika kamu ingin melihat performa dari postingan tertentu, tap postinganmu, lalu tap lihat Insight di bawah foto atau video yang sudah pernah kamu unggah. 

Jika dilihat-lihat, keduanya sama-sama digunakan untuk melihat Insight, tapi jika diperhatikan lebih lanjut, ada perbedaan dari kedua cara melihat Insight tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak terus tulisan ini.

1. Melihat Insight dari Halaman Profil Instagram

Cara melihat Insight Instagram yang pertama adalah dengan memanfaatkan halaman profil Instagrammu. Buka halaman profil Instagrammu dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah. Selanjutnya, tap lihat Insight

Cara Melihat Insight Instagram 1

Jika kamu membuka menu Insight dari halaman profil, informasi yang kamu lihat akan tampak cukup kompleks. Kamu akan melihat performa akunmu selama tujuh hari ke belakang. 

Kamu akan melihat Reach Account yang terdiri dari Impressions, Profil Visit, Website Visit, Call or Email Clicks, Top Post, Top Stories, hingga Top Instagram TV. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat performa Content Interactions.

2. Melalui Postingan

Cara kedua untuk melihat Insight Instagram dengan tap masing-masing postingan. Selain memanfaatkan halaman profil, kamu juga bisa memanfaatkan postingan untuk melihat Insight. Caranya tap foto atau video yang pernah kamu unggah, lalu tap View Insight pada postingan yang ingin kamu cek performanya.

Cara Melihat Insight Instagram 2

Dari Insight tersebut, kamu bisa melihat jumlah Like, Share, Comment, SaveReach, hingga Profil Site. Tak hanya itu, gulir ke bawah, untuk melihat Discovery atau Jangkauan.

3. Melalui Instastory

Cara melihat insight Instagram yang terakhir dengan Instastories yang kamu buat. Caranya pun tak kalah mudah, buka Story Instagram, lalu tap ikon seen by yang terletak di bagian bawah sebelah kiri. 

Dengan begitu, kamu sudah bisa melihat siapa saja yang sudah melihat Story IG-mu. Pada bagian ini, kamu akan melihat total Reach, Impression, hingga tindakan (membalas atau hanya sekadar memberikan stiker) yang dilakukan setiap followers terhadap Instastory-mu.

Nah, bagaimana? Sangat mudah kan? Kamu bisa melihat insight Instagram dengan sangat mudah. Ada tiga cara untuk melihat Insight Instagram melalui halaman profil, halaman postingan, dan Instastory. Itu semua tergantung performa mana yang hendak kamu cek.

Selamat mencoba! 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done