News Update
Loading...

Rabu, 01 Juni 2022

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram

Pengguna Instagram pasti sudah akrab dengan yang namanya followers yang sangat berguna untuk meningkatkan engagement dari sebuah akun terutama bagi konten kreator maupun selebgram. Ada dua kategori followers yang wajib kamu tahu yaitu followers organik dan followers non organik. 

Followers organik adalah followers alami yang mengikuti sebuah akun karena minat atau ketertarikan khusus pada figur atau konten Instagramnya, sedangkan followers non-organik biasanya didapatkan secara instan melalui tool maupun jasa followers murah. 

Meskipun betul atau jasa followers tersebut menawarkan following akun otomatis organik namun kenyataannya tidak semua followersnya alami alias bisa hilang kapan saja. Selain itu, banyak resiko lain yang akan ditanggung jika sebuah akun Instagram menggunakan following otomatis.

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram 1

Pada tulisan ini, ada artikel kali ini kami akan memberikan rangkuman dari berbagai sumber tentang tutorial cara menghentikan following otomatis di Instagram yang dijamin work. Tutorial ini bisa kamu ikuti untuk melepaskan auto follow pada akun kamu dan ada beberapa cara yang bisa kamu coba sebagai berikut.

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram

Bagi kamu yang mengincar Instagram sebagai salah satu platform yang bisa menghasilkan cuan memang harus memenuhi persyaratan untuk memiliki followers yang cukup banyak. Namun, mendapatkan followers kenyataannya memang tidak semudah itu karena kamu harus membangun branding serta membuat konten yang berkualitas untuk menarik followers.

Menggunakan auto follow melalui tools atau jasa yang tidak resmi akan membuat akun Instagram kamu diblokir. Jadi, untuk tutorial menghentikan following otomatis di Instagram tersebut kamu perlu menggunakan cara-cara yang bisa kamu coba sebagai berikut:

Menghapus Izin Aplikasi Eksternal di Instagram

Ketika kamu menggunakan jasa aplikasi maupun platform following otomatis maka akun kamu akan tertaut dan memberikan izin untuk auto follow menerapkan sistemnya pada akun Instagram kamu. Sehingga solusi untuk menghilangkan cara follow otomatis pada akun kamu sebagai berikut:

Pertama, buka browser kesayanganmu, di tulisan ini aku menggunakan Chrome. Selanjutnya, buka laman Instagram dengan tautan penelusuran untuk membuka aplikasi Instagram, atau kamu bisa mengunjungi laman https://www.instagram.com/accounts/manage_access/.

Login menggunakan username dan password Instagram-mu.

Setelah masuk ke halaman pengaturan akses maka kamu bisa melihat aplikasi atau situs yang tersambung dengan akun Instagram kamu. (Karena aku tidak pernah menggunakan tools semacam itu, jadi di akunku kosong, ehehhee).

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram 2

Pilihlah salah satu aplikasi atau situs yang kamu curigai sebagai penyebab auto follow, kemudian hapus akses aplikasi atau situs tersebut.

Catatan, untuk mengakses laman Manage Account, kamu harus menggunakan browser ya, tidak bisa menggunakan aplikasi Instagram. Sejauh aku mencoba, jika menggunakan aplikasi Instagram, aku tidak menemukan menu Manage Account.

Mengganti Username atau Password

Cara selanjutnya yang dapat kamu coba adalah mengganti username dan atau password. Beberapa orang menganggap cara ini cukup worth it karena beberapa tools auto follow mengharuskan kamu memasukkan username atau password saat melakukan pendaftaran. Jadi, tidak ada salahnya untuk coba mengganti username atau password yang telah terdaftar. Untuk mengubah username atau password-nya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka aplikasi Instagra, kemudian login pada akun kamu.

Selanjutnya, tap ikon profil yang ada di pojok kanan bawah, tap ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas.

Setelah itu, tap opsi pengaturan dan klik menu keamanan.

Tap Kata Sandi untuk mengganti password atau kata sandi akun.

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram 3

Jangan lupa untuk menyimpannya dengan tap tanda centang di pojok kanan atas.

Jika kamu ingin mengganti username, tap ikon profil, kemudian tap edit profil yang berada di bawah bio Instagram.

Selanjutnya, isikan nama pengguna baru pada kolom yang tersedia, untuk menyimpannya jangan lupa klik centang pada pojok kanan atas.

Hapus Informasi Akun pada Tools Aplikasi Following Otomatis

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan auto follow pada akun Instagram kamu yaitu dengan menghapus informasi akun pada tools yang digunakan. Cara ini sangat efektif dan bisa kamu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buka tools, aplikasi, atau situs yang pernah kamu gunakan untuk mendapatkan followers otomatis.

Kemudian putuskan tautan atau koneksi dengan cara menghapus informasi akun pada tools tersebut.

Jika tidak bisa, maka kamu bisa mempraktikkan cara pertama pada tulisan ini.

Mengubah Akun Menjadi Privat

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk menghentikan following otomatis di Instagram adalah dengan mengubah akun Instagram menjadi akun privat. Tulisan tentang memprivate akun Instagram pernah kutulis sebelumnya, kamu bisa membacanya pada tulisan berjudul cara memprivate akun Instagram. Untuk sederhananya, praktikkan langkah-langkah berikut ini

Pertama, buka akun Instagram melalui aplikasi, kemudian pilih ikon profil yang ada di pojok kanan bawah.

Selanjutnya, pilih ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas dan klik menu pengaturan

Setelah itu, tap opsi privasi, kamu bisa melihat menu akun privat, geser toggle ke arah kanan sampai berwarna biru

Cara Menghentikan Following Otomatis di Instagram 4

Jika ada pop-up konfirmasi mengubah akun, tap opsi beralih ke pribadi.

Mencegah Akun Instagram Following Otomatis

Kalau kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sama halnya dengan kasus following otomatis di Instagram. Lebih baik mencegah akunmu terkena penyakit auto follow daripada mengobatinya. Terdapat beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mencegah akun Instagrammu auto follow.

Yang jelas, jangan masukkan username dan password di sembarang situs. Selain rawan terkena sakit auto follow, secara tidak langsung, kamu memberikan akses masuk ke akun Instagrammu. Bisa-bisa akun Instagrammu diambil alih oleh orang di balik situs atau tools tersebut.

Selanjutnya, hindari pembelian followers dari jasa penambah followers. Meskipun followersmu cepat bertambah, tetapi tidak menutup kemungkinan followersmu berkurang seiring berjalannya waktu. Tidak menutup kemungkinan pula, followingmu akan bertambah secara otomatis.

Setidaknya ada dua cara untuk mencegah akun Instagrammu terkena penyakit auto following. Bagi yang sudah terkena penyakit tersebut, berharap saja bisa sembuh. Namun, bagi yang belum, masih ada waktu untuk memilih dan memilih tools yang aman untuk akun Instagram.

Gimana? Gampang dan beragam kan? Kamu bisa coba semua cara yang telah kutulis. Mungkin, pada satu atau dua kasus, cara-cara tersebut tidak berfungsi sesuai harapan. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba terlebih dahulu.

Jika kamu punya cara yang kamu anggap lebih manjur, cantumkan di kolom komentar ya. Kamu juga bisa mencantumkan pertanyaan jika masih kebingungan. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done