News Update
Loading...

Sabtu, 09 April 2022

Cara agar Orang Tidak Bisa DM di Instagram

Instagarm dengan berbagai fiturnya mampu menarik perhatian banyak orang. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah Direct Message atau kerap disebut DM Instagram. Karena mudah digunakan, selain membantu, tak jarang fitur ini malah menggangu kita.

Salah satu yang mengganggu adalah adanya spam-spam dari akun yang tidak kita kenal. Kalau sekadar promosi produk atau jasa yang masuk akal, mungkin masih bisa ditoleransi. Namun, kalau mengirimkan pesan-pesan yang kurang baik, akan mengganggu kenyamanan kita dalam bermedia sosial.

Cara agar Orang Tidak Bisa DM di Instagram

Tampaknya, Instagram sudah mengantisipasi adanya hal-hal semacam itu. Jadi, Instagram memberikan fitur-fitur untuk membatasi agar orang tidak bisa DM di Instagram. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas cara agar orang tidak bisa DM di Instagram.

Setidaknya, terdapat empat cara yang dapat dilakukan. Mulai dari menonaktifkan pesan dari Kontrol Pesan, membatasi Direct Message, memprivate akun Instagram, yang paling ekstrem memblokir orang tersebut. Keempat cara tersebut, tentu memiliki sisi positif negatifnya masing-masing. Tinggal kamu lebih nyaman menggunakan fitur yang mana.

Cara agar Orang Tidak bisa DM di Instagram dengan Menonaktifkan Pesan dari Kontrol Pesan

Untuk menonaktifkan DM agar orang lain tidak bisa mengirim DM di Instagram, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Instagram.

2. Selanjutnya, masuk ke halaman profil dengan tap ikon avatar di pojok kanan bawah.

3. Kemudian, tap grais tiga di pojok kanan, lalu tap Pengaturan.

4. Pilih Privasi, selanjutnya scroll ke bawah, tap Pesan. 

Cara agar Orang Tidak Bisa DM di Instagram 1

5. Kamu akan melihat halaman kontrol pesan. Pada halaman tersebut, disediakan beberapa pilihan. Tap Orang lain di Instagram untuk tetap menerima pesan dari pengikutmu. Kalau kamu tidak ingin menerima pesan dari pengikutmu, tap saja Pengikut Anda di Instagram.

6. Ubah pengaturannya menjadi Jangan Terima Permintaan.

Cara agar Orang Tidak Bisa DM di Instagram 2

7. Tap Perbarui Pengaturan kalau muncul popup. 

8. Selanjutnya, tap ikon kembali di pojok kiri atas.

Kalau Instagrammu terhubung dengan akun Facebook, kamu juga bisa mengubah pengaturan kontrol pesannya. Caranya kurang lebih sama. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Dari menu Kontrol Pesan, gulir ke bawah.

2. Selanjutnya, ubah pengaturan pada menu eman Facebook atau orang yang pernah ngobrol denganmu di Messenger.

3. Ubah pengaturannya menjadi Jangan Terima Permintaan.

4. Tap Perbarui Pengaturan jika muncul Pop Up konfirmasi.

Dengan menonaktifkan fitur terima pesan dari pengaturan kontrol pesan, kamu tidak akan menerima DM dari orang lain di Instagrammu. 

Efek dari Menonaktifkan Permintaan Pesan

Dengan menonaktifkan permintaan pesan, tentu saja ada efeknya. Secara umum, efek dari menonaktifkan permintaan pesan di Instagram akan membatasi siapa saja yang bisa mengirimkan DM kepadamu.

Hal yang paling spesifik adalah munculnya permberitahuan "Tidak dapat menerima pesan dari Anda" di fitur DM si pengirim pesan. Namun, pemberitahuan itu tidak akan muncul kalau dia pernah mengirimkan pesannya kepadamu sebelumnya.

Begitu juga nasib orang-orang yang sudah kamu follow. Mereka tetap bisa mengirimkan DM Instagram ke akunmu. Tampaknya, fitur menonaktifkan permintaan pesan hanya berlaku pada orang yang belum pernah mengirimkan DM dan belum kita follow. Namun, kurang efektif kalau sudah kita follow, apalagi sudah pernah berbalas DM.

Alternatif Cara agar Orang Tidak Bisa DM Kita di Instagram

Kalau kamu tak puas dengan cara tersebut, kamu bisa mencoba beberapa alternatif lain. Cara-cara berikut ini bisa dikatakan cara ekstrem untuk membatasi orang mengirim ke DM Instagrammu.

Blokir Orang Tersebut

Kalau kamu merasa terganggu dengan oknum-oknum tertentu dan kamu sudah tahu siapa yang kerap mengirimi DM ke akun Instagrammu, kamu bisa memblokir akun tersebut. Dengan memblokir akun tersebut, doi tidak akan bisa menghubungimu. Bahkan, melihat halaman profil Instagrammu pun tidak bisa.

Untuk memblokir pengguna Instagram, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah yang ada pada tulisan Cara Memblokir Instagram yang pernah kutulis beberapa waktu lalu. 

Membatasi Interaksi dengan Akun Tertentu

Kalau kamu masih ragu ingin memblokir orang tertentu, kamu bisa coba untuk membatasi aktivitas dengan orang tertentu. Dengan membatasi orang tersebut, dia tidak bisa mengirim DM kepadamu. Namun, masih bisa melihat-lihat profil Instagrammu, bahkan melihat Instastory Instagrammu.

Untuk membatasi interaksi, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikiasi Instagram.

2. Selanjutnya, buka DM dari akun yang kamu anggap mengganggumu.

3. Tap ikon i yang ada di bagian kanan atas.

Cara agar Orang Tidak Bisa DM di Instagram 3

4. Tap Batasi atau Restrict.

Cara agar Orang Tidak Bisa DM di Instagram 4

Gampang banget kan? Sama seperti cara sebelumnya, cara ini efektif jika kamu sudah tahu siapa-siapa saja yang hendak kamu batasi dalam mengirimkan DM kepadamu. Kalau kamu belum tahu target-targetmu, tampaknya kedua cara di atas kurang efektif.

Memprivate Akun Instagram

Kalau kamu ingin membatasi orang-orang yang belum follow Instagrammu untuk mengirimimu DM, kamu bisa memprivate akun Instagrammu. Dengan memprivate akun Instagrammu, kamu bisa memfilter, siapa-siapa saja yang bakal mengikutimu.

Kalau sudah difilter, harapannya hanya orang-orang yang kamu kenal saja yang bisa mengirimkan DM kepada dirimu. Kalau hanya orang yang kamu kenal, tentu saja harapannya lebih nyaman ketika berselancar di Instagram.

Untuk memprivate akun Instagrammu, kamu bisa mempraktikkan langkah-langkah yang ada pada tulisan berjudul Cara Memprivate Akun Instagram. Meskipun sebenarnya tidaklah sulit, tetapi serba-serbi memprivate akun Instagram akan kita bahas pada tulisan tersebut.

Gimana? Gampang banget kan? Kamu dapat memilih salah satu dari keempat cara tersebut untuk membatasi orang-orang berinteraksi denganmu dari Instagram. Itu semua tergantung padamu, lebih nyaman menggunakan cara yang mana.

Kalau masih bingung atau memiliki alternatif cara yang lebih mantap, tinggalkan di kolom komentar ya! Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done