News Update
Loading...

Sabtu, 02 November 2019

Kirim Pesan Whatsapp Otomatis dan Terjadwal

Kirim Pesan Whatsapp Otomatis Terjadwal-1

Daftar Isi

  1. Instalasi SKEDit
  2. Mengatur Pesan Otomatis Sesuai Jadwal
  3. Catatan 

Suatu hari, aku pernah kelupaan mengucapkan selamat ulangtahun kepada orang yang dekat denganku. Rasanya sedih bercampur tidak enak karena seolah-olah aku melupakan dia, padahal karena saat ini, aku sedang kuliah plus nyambi kerja. Jadi, agak jarang untuk membuka HP.

Bagi teman-teman yang pernah mengalami apa yang pernah kualami, kelupaan untuk mengucapkan selamat ulangtahun ke orang terdekat, tenang, pada tulisan ini, kita akan membahas cara mengirim pesan Whatsapp secara otomatis dengan jadwal yang telah kita buat. Jadi, tidak perlu takut lagi untuk kelupaan mengirim ucapan selamat ulangtahun.

Perlu teman-teman ketahui, sebenarnya Whatsapp tidak atau (mungkin) belum mengeluarkan fitur mengirim pesan secara otomatis dan terjadwal. Oleh sebab itu, untuk mengirimkan pesan secara otomatis, kamu perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang bernama SKEDit Scheduling App: Schedule WhatsApp SMS Calls, kamu bisa mengunduhnya dari Google Play Store, atau langsung saja klik di sini

Fitur-fitur yang sudah tersedia di Whatsapp antara lain menyimpan foto profil di Whatsapp, membuat grup, mengirimkan file bahkan folder kepada sesama pengguna Whatsapp, dan lain-lain. Nah, untuk mengirimkan pesan Whatsapp secara otomatis dengan jadwal yang telah kita buat, teman-teman dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Instalasi SKEDit

1. Install SKEDit Scheduling App: Schedule WhatsApp SMS Calls dari Google Play Store.
Kirim Pesan Whatsapp Otomatis Terjadwal-2
SKEDit loading page

2. Buka aplikasinya, teman-teman akan diminta beberapa izin untuk menjalankan aplikasi tersebut, langsung tap izinkan.

3. Di aplikasi SKEDit terdapat berbagai menu, karena kita akan membahas mengirim pesan Whatsapp secara otomatis dan terjadwal, di sini aku akan memberi contoh untuk personal Whatsapp. Maka tap Whatsapp.
Kirim Pesan Whatsapp Otomatis Terjadwal-3
Tampilan awal SKEDit - pilih Whatsapp

4. Selanjutnya, teman-teman perlu mengkaktifkan aksebilitas untuk aplikasi SKEDit, tinggal tap Enable Accessbibility - Pilih SKEDit - centang ON. Jika tidak bisa, teman-teman bisa mengaktifkan secara manual dengan cara buka Setting - More Setting - Accessibility - SKEDit - nyalakan.
Kirim Pesan Whatsapp Otomatis Terjadwal-- 6
Memberi izin accessibility pada SKEDit

Mengatur Pesan Otomatis sesuai Jadwal

1. Berikut adalah tampilan awal dari pengatur pesannya.
Kirim Pesan Whatsapp Otomatis Terjadwal- 4
Mengatur pesan otomatis WA

2. Kotak Add Whatsapp Recipient(s) adalah calon penerima pesan. Penerima pesan di sini bisa personal chat, maupun grup chat. Ketika kamu tap menu tersebut, jangan kaget jika tiba-tiba langsung membuka Whatsapp, langsung pilih saja nama kontak temanmu/grup chatmu. 

Selain itu, kamu juga dapat membuat grup penerima pesan Whatsapp terjadwalmu dengan memilih icon Groups yang ada di pojok kanan atas, lalu beri nama grup penerima, dan pilih kontak yang hendak kamu masukkan dalam grup penerima pesan otomatismu.

Nah, apa perbedaan Groups yang ada di aplikasi SKEDit dengan Group Chat Whatsapp? Jika Group SKEDit, itu grup yang teman-teman buat sendiri, milik teman-teman, dan bukan membuat Group Chat baru di Whatsapp. Intinya grup ini khusus grup milik teman-teman, untuk memudahkan mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang sekaligus. 

Sedangkan Group Chat Whatsapp, ini melibatkan orang lain tergabung dalam Group Chat Whatsapp.

3. Kotak Massage, kotak ini adalah kotak sebagai isi pesan, silakan isi sesuai dengan pesan yang ingin kamu sampaikan. Selain mengirim pesan, kamu juga dapat melampirkan file, dengan cara klik icon hijau yang ada di pojok kotak Massage.

4. Schedule, menu ini digunakan untuk mengatur jadwalmu, pertama pilih hari dan tanggal, selanjutnya, pilih jam kapan pesan otomatismu akan dikirim.

5. Jika sudah, tap icon Centang yang ada di pojok kanan atas, dan tinggal menunggu waktu agar pesan Whatsappmu terkirim otomatis sesuai jadwal yang telah kamu buat.
Kirim Pesan Whatsapp Otomatis Terjadwal-5
Pilih Centang di pojok kanan atas

6. Selesai.

Catatan

Kamu harus mematikan atau disable lock screen hpmu sampai pesannya terkirim. Aplikasi ini tidak akan berjalan jika kamu masih menggunakan lock screen pada HP-mu. 

Aku sudah mencoba menggunakan aplikasi ini untuk membuat pesan otomatis terkirim sesuai dengan jadwal yang telah kubuat, dan berjalan lancar jaya, aku mencoba di HP-ku, Vivo Y53, unrooted. 

Jika teman-teman masih bingung, dan membutuhkan bantuan, teman-teman bisa bertanya melalui kolom komentar.

Share with your friends

This post have 2 comments

Notification
Selamat datang di SINAUSE.ID👋 JAGA JARAK, PAKAI MASKER, DAN MENCUCI TANGAN UNTUK MENGURAI PENYEBARAN VIRUS COVID-19😷
Done